Simic Sebut Persib Punya Suporter Terbesar, Ini Kata Bobotoh

Bobotoh merespon pernyataan Striker Persija Jakarta Marko Simic. Sebelumnya, Simic menilai Persija dan Persib merupakan klub sepak bola yang memiliki suporter terbesar di Indonesia.

Bobotoh Bandung Rizki Fauzi mengatakan, Persib Bandung merupakan klub yang memiliki idola fanatik di Bandung dan beberapa daerah lainnya. “Emang bener, bobotoh suporter terbesar di Indonesia,” kata Rizky di Bandung, Rabu (7/3).

Bahkan, kata dia, Persib disebut-sebut juga memiliki suporter terbesar di dunia. “Malah paling besar di dunia, tapi beberapa tahun kebelakang, entah kalau sekarang tapi keliatannya mah masih,” jelasnya.

Berbeda dengan bobotoh Mujadidi yang mengatakan soal sebutan klub terbesar sudah bisa dan dari dulu sudah seperti itu. “Pujian terhadap Bobotoh sebagai suporter terbesar mah biasa, soalnya Persib memang punya suporter terbesar,” ucap Mujadidi di Bandung, Rabu (7/2).

Sebagai striker Persija, kata dia Simic, cara bermainnya memang cantik. “Kalau di Persija memang bagus (Simic) tapi kalau main di Persib belum tahu,red),” ungkapnya.

Menurut dia, setiap pemain di klub bagus belum bisa dipastikan akan bagus pula di klub lain.

Hal tersebut kembali kepada manajemen dan juga strategi yang ditanamkan di tubuh setiap pemain. “Jadi supaya permainan bagus semua manajemen pemain dan strategi harusnya full dibawah kendali pelatih,” ujarnya.

Baru-baru ini, striker 30 tahun tersebut diwawancarai media PSSI-nya Kroasia. Dia bercerita banyak di sana, termasuk ketika ditanya klub terbesar di Indonesia.

“Klub saya (Persija) bersama Persib Bandung, tempat bermain Michael Essien, saya pikir merupakan klub yang paling populer di Indonesia. Keduanya punya suporter besar dan saya kira masuk 20 terbesar di dunia,” bilang Simic dikutip laman resmi PSSI-nya Kroasia.

Simic sendiri merasa sangat diterima di Indonesia. Menurutnya atmosfer sepak bola Indonesia terbilang istimewa.

“Kompetisi di sini sangat menarik. Bukan cuma berkualitas, tapi atmosfer tiap pertandingan sangat dinantikan. Suporter di sini sangat fanatik untuk membela tim kesayangannya,” tandas Simic.